tsoemardi@eng.ui.ac.id
1980 – Mechanical Engineering, Institut Teknologi Bandung, Indonesia
1985 – Environmental Sciences, Universitas Indonesia
1987 – Faculty of Economics, Universitas Indonesia
1990 – Mechanics & Advanced Composite Materials, Ecole Centrale de Paris, France
Kemampuan berinovasi, mendesain, dan mengembangkan produk adalah kunci dari daya saing industri nasional.
Kehadiran material komposit yang ramah lingkungan dengan bahan dasar plastik dari alam dan serat alam akan mendorong penggunaan komposit di berbagai industri dan aplikasi. Plastik alam dan serat alam yang melimpah di Indonesia berpotensi dikembangkan menjadi komposit alami. Laboratorium Perancangan Mekanikal dan Biomekanik Departemen Teknik Mesin telah lama melakukan kajian dan pengembangan komposit yang diperkuat serat alam sebagai bahan untuk produk rekayasa yang unggul dan ramah lingkungan.
Socket adalah komponen yang paling penting dalam membuat prostetik dan orthosis (penyokong gerakan tubuh manusia). Kriteria kinerja soket prostetik antara lain kuat, tahan lama, ringan, nyaman, dan harga terjangkau. Penelitian ini mengembangkan socket komposit epoxy yang diperkuat dengan serat rami dengan teknik penggulungan serat sehingga menghasilkan kekuatan tarik dan geser yang unggul. Kaki palsu yang terbuat dari rami ini terbukti lebih cocok secara biologis dengan tubuh manusia dan memiliki desain yang lebih lembut, sehingga lebih nyaman daripada serat kaca. Penggunaan bahan rami untuk kaki palsu tersebut diharapkan dapat membantu banyak penyandang disabilitas di Indonesia yang hanya mampu membeli alat dengan harga terjangkau. Ditambah lagi, prostetik dan orthosis tersebut dapat diproduksi oleh UMKM.
Komposit juga berpotensi digunakan dalam orthosis untuk digunakan oleh penyandang disabilitas, termasuk atlet disabilitas. Selain itu, orthosis juga dapat digunakan untuk prostetik implan pengganti sendi lutut, pengganti sendi pinggul, dan sebagai braket untuk tulang.
Melalui studi inovatif ini, kami telah membangun tabung gas komposit dari epoxy dan serat rami yang diperkuat, memprosesnya dengan gulungan filamen serat rami panjang, dan telah menemukan tabung gas yang setara dengan kekuatan tabung gas baja. Dibandingkan dengan tabung gas logam yang umum digunakan, tabung gas yang terbuat dari serat rami-epoxy jauh lebih ringan, lebih murah, dan tahan korosi. Selain itu, tabung gas ini akan lebih ramah lingkungan dengan penggunaan epoxy atau plastik alami.
Material komposit saat ini banyak digunakan pada pesawat, seperti rangka badan pesawat, sayap, ekor, dek, baling-baling, bilah motor, dan panel interior. Kekuatan dan kekakuannya setara dengan material yang lebih berat, seperti baja dan aluminium, tetapi memiliki massa yang lebih ringan. Oleh karena itu, material komposit ini digunakan pada mobil Formula 1 hingga pada industri dirgantara dan otomotif karena bentuk kontur aerodinamisnya lebih fleksibel dan menyebarkan kerusakan lebih lambat dibandingkan logam yang mampu mengalami keretakan dan memiliki sifat korosif.