IndonesiaEnglish mech@eng.ui.ac.id +62 21 7270032
IndonesiaEnglish mech@eng.ui.ac.id +62 21 7270032

“Industri perkapalan Indonesia harus menjadi industri tumpuan nasional dan menjadi yang terdepan di dunia dalam bidang teknologi pelayaran. Perairan Indonesia harus bebas dari kecelakaan dan polusi lingkungan.”

Prof. Dr. Ir. Sunaryo, CEng. MRINA FIMarEST IPU

Prof. Dr. Ir. Sunaryo, CEng. MRINA FIMarEST IPU

Biografi

Bidang keahlian Prof. Sunaryo adalah produksi perkapalan (shipping production) khususnya industri produksi kapal (ship production industry) dan manajemen galangan kapal (shipyard management). Lebih lanjut, beliau telah mengadakan sejumlah studi yang berkaitan dengan keselamatan kapal (ship safety) dan lingkungan maritim, termasuk juga implementasi dari kapal yang ramah lingkungan (green ship recycling).

Ship Production

Untuk menjamin ketersediaan kapal-kapal untuk transportasi laut dan fungsi serta sektor lainnya seperti perikanan, keamanan, aktivitas offshore dan lain-lainnya, dibutuhkan industri perkapalan yang kuat. Industri perkapalan dalam negeri harus dapat menunjang kebutuhan tersebut dengan mengimplementasikan proses manufaktur dapat diandalkan secara waktu produksi, efisien, dan berkualitas internasional.

Ship Recycling

Daur ulang kapal merupakan salah satu bagian dari serangkaian aktivitas peremajaan suatu kapal yang dinilai sudah tidak menguntungkan secara ekonomi untuk dioperasikan kembali. Badan kapal tua tersebut dipotong, bajanya kemudian direstorasi, dan komponen-komponen lainnya seperti mesin, kelengkapan kapal, dan cat, dapat dipasarkan kembali. Daur ulang kapal memainkan peranan yang penting dalam ekonomi Indonesia, namun perlu penerapan keselamatan yang baik dan juga harus bersifat ramah lingkungan. Studi ini diadakan secara berkolaborasi dengan Strathcylde University, Glasgow, Skotlandia. 

Safety of Aquatic Transport Mode

Dengan semangat untuk mendukung keselamatan di perairan, tim enjinering perkapalan FTUI juga telah mengembangkan ASV (Autonomous Surface Vehicle), suatu drone untuk permukaan air, didesain untuk mendukung keamanan dan keselamatan aktivitas perairan. Teknologi ini dapat dimanfaatkan untuk menganalisis kecelakaan berbasis transportasi air sebelum adanya perhitungan mengenai penyelamatan yang dilakukan. Tim ini juga telah memulai sejumlah inovasi untuk memastikan keselamatan dari kapal-kapal yang melaju secara bersilangan, sehingga kecelakaan dapat diminimalisir.

Pendidikan

  • 1982 - Mechanical Engineering, Universitas Indonesia
  • 1989 - Shippling and Marine Technology, Strathcylde University, Scotland, UK
  • 1993 - Shippling and Marine Technology, Strathcylde University, Scotland, UK

Info Kontak


Departemen Teknik Mesin
Fakultas Teknik Universitas Indonesia
Kampus UI Depok 16424, Indonesia

mesin@eng.ui.ac.id

+62-21-7270032

Jam Operasional : 09.00-16.00 WIB (Senin-Jumat)

Student's Link