Indonesia mech@eng.ui.ac.id +62 21 7270032
Indonesia mech@eng.ui.ac.id +62 21 7270032

Teknik Perkapalan

[rad_page_section id=’rpsRI4L1TRJMBCILIJXU05I2A3KSLAF45IB’ first=’true’ last=’true’ section_name=’Section’ v_padding=” classes=” visibility=’None’ background_opts=” background_color=” background_image=” background_position=” background_cover=” background_repeat=” background_attachment=” background_gradient_dir=” start_gr=” end_gr=’#eeeeee’ video_url=” border_top_width=’0′ border_top_color=” border_top_type=” border_bottom_width=’0′ border_bottom_color=” border_bottom_type=” ][rad_page_container id=’rpcNT5NT6VQYOIV2SF0IM3FPPQ6EI3T62AO’ layout=’three_fourth’ first=’true’ top=’true’ classes=” visibility=’None’ float=’left’ background_opts=” background_color=” background_opacity=” background_image=” background_position=” background_cover=” background_repeat=” background_attachment=” background_gradient_dir=” start_gr=” end_gr=’#eeeeee’ border_top_width=’0′ border_top_color=” border_top_type=” border_bottom_width=’0′ border_bottom_color=” border_bottom_type=” ][rad_page_widget id=’rpwP5D68N47R85QBW07SYS2SGO7TV3BJ1DB’ type=’rad_text_widget’ last=’true’ top=’true’ text_title=’I. Profil Lulusan dan CPL’ text_subtitle=’ ‘ rich_key=’text_data’ col_alignment=’left’ visibility=’none’ delay=” clear_float=’no’ icon=” icon_margin=’5′ icon_alignment=’left’ icon_animation=’none’ title_color=” subtitle_color=” text_color=” title_size=” title_w=” subtitle_size=” subtitle_w=” text_size=” cb_margin=” ct_margin=” tt_margin=” st_margin=” tet_margin=” ] Profil Lulusan Teknik Perkapalan
Sarjana Teknik yang mampu merancang bangunan kapal dan sistem perkapalan serta memiliki keunggulan dalam karakter kepemimpinan dan keprofesian.

Kompetensi Akademik Program Sarjana Teknik Perkapalan
1. Kemampuan menerapkan pengetahuan dasar matematika, metode numerik, analisis statistik dan ilmu sains dasar (fisika dan kimia) serta teknologi informasi yang diperlukan untuk mencapai kompetensi dalam disiplin Teknik Perkapalan (Utama).
Keywords : Engineering Knowledge
2. Kemampuan merancang dengan menerapkan metode, keterampilan dan piranti teknik modern yang diperlukan untuk praktek keteknikan seperti pemilihan bahan dan proses, dan desain kapal berbantuan komputer (Utama).
Keywords : Design Solution
3. Kemampuan menganalisis untuk menyelesaikan permasalahan teknik perkapalan dengan menerapkan perhitungan dan kaidah dalam proses perancangan kapal dan sistem perkapalan (Utama).
Keywords : Problem Analysis
4. Kemampuan mengevaluasi permasalahan ilmiah dengan melaksanakan penelitian dan melaporkan hasil percobaan, termasuk analisis data statistik yang diperoleh untuk pengambilan kesimpulan dibidang teknik perkapalan (Utama).
Keywords : Investigation
5. Kemampuan untuk mengindentifikasi dampak dari solusi pada bidang teknik perkapalan terhadap pengembangan berkelanjutan (Pendukung).
Keywords : Sustainability
6. Kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan inovatif serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok (UI).
Keywords : Team Working
7. Kemampuan berkomunikasi secara efektif baik secara visual, tulisan maupun verbal (Pendukung).
Keywords : Communication
8. Kemampuan menerapkan etika profesi yang terkait dengan hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan dengan penuh tanggung jawab dan integritas (Pendukung).
Keywords : Proffesional Ethics
9. Kemampuan melaksanakan proses belajar seumur hidup termasuk akses terhadap pengetahuan terkait isu-isu kekinian yang relevan (Pendukung).
Keywords : Life Long Learning
10. Kemampuan menerapkan prinsip-prinsip keuangan dan manajemen serta kewirausahaan dibidang perkapalan (Pendukung).
Keywords : Finance, Management, and Enterpreneurship

Jejaring Kompetensi Program Sarjana Teknik Perkapalan

Profil Lulusan
1. Perekayasa kapal dan sistem perkapalan (sistem permesinan kapal, termal dan fluida, material dan proses produksi)
2. Birokrat Kementerian, Lembaga dan Pemerintahan Daerah
Penyelia proses perencanaan, konstruksi dan pemeliharaan kapal
3. Penyelia proses perencanaan, konstruksi dan pemeliharaan kapal
4. Badan klasifikasi kapal
5. Penggerak dan instruktur komunitas madani
6. Sales & Service Engineers
7. Entrepreneur/wirausahawan
8. Penilai (Adjuster)[/rad_page_widget][/rad_page_container][rad_page_container id=’rpcGOQB1OMEOI1BHXPFGAY6VN56SFB31V37′ layout=’three_fourth’ last=’true’ top=’true’ classes=” visibility=’None’ float=’left’ background_opts=” background_color=” background_opacity=” background_image=” background_position=” background_cover=” background_repeat=” background_attachment=” background_gradient_dir=” start_gr=” end_gr=’#eeeeee’ border_top_width=’0′ border_top_color=” border_top_type=” border_bottom_width=’0′ border_bottom_color=” border_bottom_type=” ][rad_page_widget id=’rpwMRP9FG2BTDVURAUQQTHECTHFS6CKY5GM’ type=’rad_text_widget’ last=’true’ top=’true’ text_title=’II. Kurikulum’ text_subtitle=’ ‘ rich_key=’text_data’ col_alignment=’left’ visibility=’none’ delay=” clear_float=’no’ icon=” icon_margin=’5′ icon_alignment=’left’ icon_animation=’none’ title_color=” subtitle_color=” text_color=” title_size=” title_w=” subtitle_size=” subtitle_w=” text_size=” cb_margin=” ct_margin=” tt_margin=” st_margin=” tet_margin=” ]

[/rad_page_widget][/rad_page_container][rad_page_container id=’rpcVBYQTNL30IVL3CU3UQ5WRDKQW0QF95CQ’ layout=’three_fourth’ first=’true’ classes=” visibility=’None’ float=’left’ background_opts=” background_color=” background_opacity=” background_image=” background_position=” background_cover=” background_repeat=” background_attachment=” background_gradient_dir=” start_gr=” end_gr=’#eeeeee’ border_top_width=’0′ border_top_color=” border_top_type=” border_bottom_width=’0′ border_bottom_color=” border_bottom_type=” ][rad_page_widget id=’rpwQ580PPO6WUPQF6AEPW9GO2Y3ED6G4CXI’ type=’rad_text_widget’ last=’true’ top=’true’ text_title=’III. Silabus MK / BRP’ text_subtitle=’ ‘ rich_key=’text_data’ col_alignment=’left’ visibility=’none’ delay=” clear_float=’no’ icon=” icon_margin=’5′ icon_alignment=’left’ icon_animation=’none’ title_color=” subtitle_color=” text_color=” title_size=” title_w=” subtitle_size=” subtitle_w=” text_size=” cb_margin=” ct_margin=” tt_margin=” st_margin=” tet_margin=” ][/rad_page_widget][/rad_page_container][rad_page_container id=’rpcISE5U8R65HY0WJJ5WD6MYBXN6X4PDD1H’ layout=’three_fourth’ last=’true’ classes=” visibility=’None’ float=’left’ background_opts=” background_color=” background_opacity=” background_image=” background_position=” background_cover=” background_repeat=” background_attachment=” background_gradient_dir=” start_gr=” end_gr=’#eeeeee’ border_top_width=’0′ border_top_color=” border_top_type=” border_bottom_width=’0′ border_bottom_color=” border_bottom_type=” ][rad_page_widget id=’rpwW3RUKO9EDM14LM41N6849ACXC3P6K8PC’ type=’rad_text_widget’ last=’true’ top=’true’ text_title=’IV. Laporan CPL’ text_subtitle=’ ‘ rich_key=’text_data’ col_alignment=’left’ visibility=’none’ delay=” clear_float=’no’ icon=” icon_margin=’5′ icon_alignment=’left’ icon_animation=’none’ title_color=” subtitle_color=” text_color=” title_size=” title_w=” subtitle_size=” subtitle_w=” text_size=” cb_margin=” ct_margin=” tt_margin=” st_margin=” tet_margin=” ][/rad_page_widget][/rad_page_container][rad_page_container id=’rpcG6VYUW1698KV3KLHNOXLDYR53BHYLWYB’ layout=’one_fourth’ first=’true’ classes=” visibility=’None’ float=’left’ background_opts=” background_color=” background_opacity=” background_image=” background_position=” background_cover=” background_repeat=” background_attachment=” background_gradient_dir=” start_gr=” end_gr=’#eeeeee’ border_top_width=’0′ border_top_color=” border_top_type=” border_bottom_width=’0′ border_bottom_color=” border_bottom_type=” ][rad_page_widget id=’rpwUIGF79F6FPN5Y7BL8XAPVPT43Q8MSMFO’ type=’rad_sidebar_widget’ last=’true’ top=’true’ type=’rad_sidebar_widget’ sidebar_v=’kapal’ sidebar_behavior=’left-sidebar’ clear_float=’no’ swtc=” swbtbc=” swbsbc=” swlbc=” swltc=” swtcs=” swlc=” swtfc=” swtfbc=” swrfbrc=” swsbgc=” swstexc=” type=’rad_sidebar_widget’ id=’rpwUIGF79F6FPN5Y7BL8XAPVPT43Q8MSMFO’ ][/rad_page_widget][/rad_page_container][/rad_page_section]