Home
Pendidikan
Sarjana Ekstensi

Sarjana Ekstensi

Dengan berdasarkan kepada prinsip pendidikan untuk semua dan dengan kemampuan staf akademik yang kompeten, Departemen Teknik Mesin membuka program pendidikan sarjana (S1) melalui jalur ekstensi dengan orientasi industri. Dengan program ini diharapkan dihasilkannya sumberdaya manusia yang memiliki kemampuan analisa, perancangan, dan kompetensi di bidang mekanikal serta skill dalam menangani permasalahan praktis.
Kerangka dasar kurikulum Pendidikan Sarjana Teknik Mesin yang dapat dilihat pada gambar menunjukkan pengelompokan dan hubungan antar kelompok mata kuliah.
Sebelum mencapai gelar Sarjana Teknik Mesin dari total 73 sks yang harus dipenuhi, seorang mahasiswa Program Studi Teknik Mesin – S1 PPSE wajib memenuhi persyaratan minimal telah lulus dari program Ahli Madya/D3 (setara dengan 80 sks) dan menyelesaikan Mata Kuliah Dasar (50 sks) yang terdiri dari Dasar Teknik (11 sks) dan Dasar Teknik Mesin (39 sks), serta Mata Kuliah Keahlian Teknik Mesin (17 sks) yang terdiri dari Mata Kuliah Wajib Keahlian (9 sks), Mata Kuliah Pilihan Keahlian (8 sks), dan 6 sks sisanya berupa Tugas Akhir.

ppse

Distribusi Mata Kuliah Program Studi Teknik Mesin – S1 PPSE

ppse_1

Leave a Comment

*

*