Home
Pendidikan
Program Magister

Program Magister

Kompetensi Akademik Lulusan Program Magister Teknik Mesin

 

  1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematik, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional.
  2. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya.
  3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat luas.
  4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.
  5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
  6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas.
  7. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri, dan
  8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  9. Mampu untuk bertanggung jawab kepada masyarakat dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan teknik.
  10. Mampu melaksanakan proses belajar seumur hidup termasuk akses terhadap pengetahuan terkait isu-isu terkini.

Sebagai mahasiswa Universitas Indonesia, maka setiap lulusan program Magister Teknik Mesin juga memiliki kompetensi sebagai berikut : 

  1. Mampu memanfaatkan teknologi informasi komunikasi;
  2. Mampu berpikir kritis, kreatif, dan inovatif serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok;
  3. Mampu menggunakan bahasa lisan dan tulisan dalam Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan baik untuk kegiatan akademik maupun non-akademik;
  4. Memiliki integritas dan mampu menghargai orang lain;
  5. Mampu mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika.

 

Keilmuan Teknik Mesin terus berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi dan peradaban manusia, yang ditandai dengan upaya meningkatkan efisiensi proses konversi dan konservasi energi, meningkatnya pertimbangan optimasi dalam disain, aspek keselamatan, kesehatan dan keberlanjutan. Peran keilmuan Teknik Mesin dalam masyarakat semakin berkembang dan meliputi tahap disain, manufaktur, operasi, dan pemeliharaan serta optimasi proses dan keberlanjutan. Dengan mempertimbangkan kebutuhan masa kini dan masa mendatang, khususnya menjawab kebutuhan para profesional di era Masyarakat Ekonomi ASEAN, maka struktur kurikulum program studi Magister Teknik (MT) Teknik Mesin telah dirancang untuk memberikan ruang adaptasi untuk berbagai topik yang terkini baik di masa kini maupun masa depan. Terkait dengan hal tersebut, maka pada Kurikulum 2016, Program Studi Teknik Mesin telah mengembangkan Peminatan S2, sebagai berikut:

  1. Konversi Energi dan Pembangkit Daya Termal (P1)
  2. Teknik dan Manajemen Bangunan Gedung (P2)
  3. Teknik dan Manajemen Energi (P3)
  4. Teknik Keselamatan Kebakaran (P4)
  5. Perancangan Produk (P5)
  6. Sistem Manufaktur dan Otomasi (P6)
  7. Fabrikasi Mikro (P7)
  8. Teknik Kendaraan (P8)
  9. Manajemen Pemeliharaan dan Teknik Kehandalan (P9)
  10. Perancangan Kapal dan Sistem Perkapalan (P10)
  11. Teknologi dan Manajemen Kemaritiman (P11)

 

Kurikulum Program Studi Teknik Mesin S2 (Magister) : S2 Teknik Mesin

Leave a Comment

*

*