Home
Pendidikan
Sarjana Reguler Teknik Perkapalan

Sarjana Reguler Teknik Perkapalan

Profil Lulusan Teknik Perkapalan

Sarjana Teknik yang mampu merancang bangunan kapal dan sistem perkapalanserta memiliki keunggulan dalam karakter kepemimpinan dan keprofesian.

 

Kompetensi Akademik Program Sarjana Teknik Perkapalan

  1. Kemampuan menerapkan pengetahuan dasar matematika, metode numerik, analisis statistik dan ilmu sains dasar (fisika dan kimia) serta teknologi informasi yang diperlukan untuk mencapai kompetensi dalam disiplin Teknik Perkapalan (Utama).
    Keywords : Engineering Knowledge
  2. Kemampuan merancang dengan menerapkan metode, keterampilan dan piranti teknik modern yang diperlukan untuk praktek keteknikan seperti pemilihan bahan dan proses, dan desain kapal berbantuan komputer (Utama).
    Keywords : Design Solution
  3. Kemampuan menganalisis untuk menyelesaikan permasalahan teknik perkapalan dengan menerapkan perhitungan dan kaidah dalam proses perancangan kapal dan sistem perkapalan (Utama).
    Keywords : Problem Analysis
  4. Kemampuan mengevaluasi permasalahan ilmiah dengan melaksanakan penelitian dan melaporkan hasil percobaan, termasuk analisis data statistik yang diperoleh untuk pengambilan kesimpulan dibidang teknik perkapalan (Utama).
    Keywords : Investigation
  5. Kemampuan untuk mengindentifikasi dampak dari solusi pada bidang teknik perkapalan terhadap pengembangan berkelanjutan   (Pendukung).
    Keywords : Sustainability
  6. Kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan inovatif serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok(UI).
    Keywords : Team Working
  7. Kemampuan berkomunikasi secara efektif baik secara visual, tulisan maupun verbal (Pendukung).
    Keywords : Communication
  8. Kemampuan menerapkan etika profesi yang terkait dengan hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan dengan penuh tanggung jawab dan integritas (Pendukung).
    Keywords : Proffesional Ethics
  9. Kemampuan melaksanakan proses belajar seumur hidup termasuk akses terhadap pengetahuan terkait isu-isu kekinian yang relevan (Pendukung).
    Keywords : Life Long Learning
  10. Kemampuan menerapkan prinsip-prinsip keuangan dan manajemen serta kewirausahaan dibidang perkapalan (Pendukung).
    Keywords : Finance, Management, and Enterpreneurship

 

Sebelum mencapai gelar Sarjana Teknik dari total 144 sks yang harus dipenuhi, seorang mahasiswa Program Studi Teknik Mesin – S1 Reguler wajib menyelesaikan Mata ajaran Universitas (18 sks), Mata ajaran Dasar Teknik (26 sks), Mata ajaran Dasar Keahlian (49 sks), serta Mata ajaran Keahlian (33 sks) yang terdiri dari Mata ajaran Keahlian-Wajib (21 sks) dan Mata ajaran Keahlian-Pilihan (12 sks), dan 18 sks berupa Tugas Merancang, Kerja Praktek, Seminar dan Skripsi.

Kurikulum dirancang dan dikembangkan agar proses pembelajaran mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dibidang teknik perkapalan dengan karakteristik sesuai dengan tujuan pendidikan yaitu :

  1. Memiliki ilmu keteknikan yang kuat
  2. Kemampuan untuk merancang dan menyelenggarakan penelitian juga menganalisa dan menginterpretasikan data
  3. Kemampuan untuk mengidentifikasi, memformulasi dan menyelesaikan masalah-masalah di bidang teknik mekanikal berdasarkan kajian terhadap issue mutakhir
  4. Kemampuan untuk merancang suatu sistem, komponen atau proses suatu sistem mekanikal untuk memenuhi kebutuhan yang diinginkan dengan mempertimbangkan dan menerapkan aspek ekonomi
  5. Pengetahuan kepemimpinan, kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik, bekerjasama dalam tim, dan mengembangkan diri dan ilmunya

Hal ini dapat dilihat melalui pengelompokan mata-kuliah berdasarkan karakteristik dan tujuan pendidikan yang diharapkan seperti tampak pada gambar di bawah ini :

kapal

Diagram Alir Mata Kuliah S1 Reguler/Paralel Teknik Perkapalan 

diagram kapal

Daftar Mata Ajaran Program Sarjana Teknik Perkapalan

Semester 1
Pengantar Teknik Perkapalan
Semester 2
Visualisasi dan Permodelan Kapal
Semester 3
Material Kapal
Struktur Kapal 1
Teori Bangunan Kapal
Semester 4
Hambatan dan Propulsi
Hidrodinamika Kapal
Permesinan Kapal
Struktur Kapal 2
Termofluida
Tugas Merancang Kapal 1
Semester 5
Ekonomi Teknik
Perancangan Kamar Mesin Kapal
Proses Manufaktur
Sistem Fluida dan Perpipaan Kapal
Sistem Kelistrikan Kapal
Teknik Las
Tugas Merancang Kapal 2
Semester 6
Alat Bantu Kapal
Pemeliharaan Kapal
Sistem Daya Kapal
Sistem Elektronika Kapal
Tugas Merancang Kapal 3
Semester 7
Sistem Tata Udara dan Refrijerasi Kapal
Survei dan Inspeksi Kapal

Leave a Comment

*

*